Home » , , » 13 Jenis Sukulen Cantik dengan Perawatan yang Mudah

13 Jenis Sukulen Cantik dengan Perawatan yang Mudah

13 Jenis Sukulen Cantik dengan Perawatan yang Mudah - Saya yakin semua orang setuju dengan ke-eksotis-an tumbuhan ini. Berbagai alasan mengapa jenis tanaman ini paling banyak dipilih, mulai dari bentuknya yang indah hingga cara perawatan yang mudah, menjadikan tumbuhan ini mendadak populer dikalangan pencinta lansekap.

Sukulen adalah tumbuhan yang hampir setiap anatomi menyimpan cadangan air, sehingga mampu bertahan hidup di cuaca panas yang ekstrim sekalipun. Cara menanam pun sangat simple, cukup ambil snip, tanam di dalam wadah atau tanah, dan biarkan sukulen tumbuh dengan sendirinya. Sebab itulah muncul banyak sekali komunitas yang mereka sebut dengan pencinta sukulen.
Apalagi di Indonesia, yang merupakan wilayah dengan cuaca yang panas, menjadikan sukulen sangat mudah tumbuh dan bertahan hidup. Anda hanya perlu menanamnya didalam sebuah pot lalu biarkan mereka tumbuh indah didepan pelataran rumah anda. Banyak sekali jenis-jenis sukulen yang bisa anda budidayakan, seperti list dibawah ini yang sudah saya rangkum untuk selanjutnya anda kembangkan sesuai minat anda.

Namun, sebelum itu, ada beberpa point dan checklist yang bisa anda aplikasikan dalam memilih sukulen yang berkualitas agar mereka dapat tumbuh dengan subur dan tak mudah mati, hal-hal yang harus anda ketahui sebelum menanam sukulen adalah sebagai berikut :
  • Sukulen merupakan tumbuhan yang sangat bagus ditanam di wilayah dengan cahaya matahari yang cukup. Sehingga tidak perlu melakukan penyiraman dengan intensitas yang tinggi. Cukup lakukan penyiraman 3 kali dalam seminggu
  • Jangan terlalu sering membiarkan mereka terkena air hujan
  • Sebaiknya gunakan pot dalam menanamnya, sehingga jika musim hujan dengan intensitas yang tinggi, sukulen dapat anda pindahkan ke tempat yang teduh
  • Sukulen bukanlah kaktus, tetapi kaktus adalah sukulen. Jadi antara keduanya memiliki kemiripan namun tak sama.
Berikut adalah Jenis-jenis Sukulen Cantik dengan Perawatan yang Mudah. Anda bisa meriset lebih banyak lagi mengenai jenis-jenis sukulen yang cocok anda tanam, baik dari jenis tanah maupun perawatannya.

Aeonium, Sukulen Cantik Mirip Bunga Mawar
Aeonium, Sukulen Cantik Mirip Bunga Mawar

1. Aeonium, Sukulen Cantik Mirip Bunga Mawar

Ini adalah jenis sukulen yang sangat populer dikalangan pencinta sukulen di dunia, sebab bentuk yang indah bermotif bunga seperti mawar. Sukulen ini juga sangat tahan pada cuaca panas, sehingga anda tak perlu terlalu sering melakukan penyiraman. Dengan bentuk yang hampir mirip dengan bunga, maka sangat cocok anda letakkan di lansekap, pelataran, taman mini depan rumah, dan bahkan karangan bunga.

Agave, Sukulen Mirip Lidah Buaya
Agave, Sukulen Mirip Lidah Buaya

2. Agave, Sukulen Mirip Lidah Buaya

Jika anda tau dengan lidah buaya atau aloe vera, maka anda tidak akan asing lagi melihat sukulen yang berasal dari Amerika ini. Tanaman ini lebih cepat menghasilkan tunas baru, dan tunas lama akan mati. Sehingga proses pertumbuhan sukulen ini bisa bertahan lebih lama. Berbentuk seperti pedang yang berduri dan memiliki bentuk yang besar, maka akan sangat cocok anda pilih sebagai lansekap karena tampilan yang mencolok.

Aloe Vera, Lidah Buaya Berbunga
Aloe Vera, Lidah Buaya Berbunga

3. Aloe Vera, Lidah Buaya Berbunga

Ini adalah aloe vera, memiliki bentuk yang hampir sama dengan agave. Perbedaan yang mencolok adalah aloe vera jenis ini bisa menghasilkan bunga diatas tunasnya. Fungsi dari tunas inilah yang akan menyalurkan pasokan air agar bunga dapat mekar dan lembab. Perbedaan lain yang membedakan aloe vera asli afrika dengan agave adalah dia lebih menyukai air daripada jenis sukulen lainnya. Sehingga disarankan anda bisa memasok air minimal 2 hari sekali.

Crassula, Sukulen Merah yang Indah
Crassula, Sukulen Merah yang Indah

4. Crassula, Sukulen Merah yang Indah

Berasal dari Afrika Selatan, genus besar ini menampilkan sukulen kecil hingga sedang yang memiliki daun berdaging yang tersusun dalam berbagai pola. Beberapa crassula memiliki batang bercabang, sementara ciri-ciri lain memiliki tanaman rendah dengan dedaunan padat yang sekaligus menjadi penutup tanah yang baik.

Dasylirion, Sukulen Eksotis dengan Daun yang Lebat
Dasylirion, Sukulen Eksotis dengan Daun yang Lebat

5. Dasylirion, Sukulen Eksotis dengan Daun yang Lebat

Sukulen jenis ini memiliki tunas yang mirip dengan daun yang sangat lebat, sehingga sekilas mirip dengan rumput liar namun indah. Memiliki daun seperti tali berwarna hijau, abu-abu, atau biru-hijau dengan duri kecil dan tajam yang melapisi tepi daun. Tanaman yang akan sangat cocok anda taruh di taman atau kebun mini samping rumah anda.

Dudleya, Sukulen dengan Warna Eksotis
Dudleya, Sukulen dengan Warna Eksotis

6. Dudleya, Sukulen dengan Warna Eksotis

Dudleya adalah spesies lain yang juga memiliki bunga yang indah, bentuk roset, dan pola, dengan "kelopak" berdaging yang berwarna hijau, merah, ungu, abu-abu, dan warna-warni. Ciri-ciri yang bisa anda perhatikan adalah pada bagian bunga akan sering sekali ditutupi oleh bubuk kapur sehingga membuatnya seperti pucat dan berembun, sebaiknya taruh sukulen ini dibawah penutup seperti kanopi depan rumah anda.

Echeveria, Sukulen Populer Dikalangan Pecinta Tanaman
Echeveria, Sukulen Populer Dikalangan Pecinta Tanaman

7. Echeveria, Sukulen Populer Dikalangan Pecinta Tanaman

Sukulen ini memiliki bentuk yang menyerupai bunga mawar dengan kelopak yang sangat banyak hingga pada tunas bawah. Memiliki warna yang sedikit pucat, namun tak mengurangi nilai eksotisnya. Sehingga sangat disarankan untuk menyandingkan tanaman ini dengan jenis sukulen yang lebih berwarna, khusus untuk anda yang menginginkan taman yang colorfull.

Euphorbia, Sukulen Mirip Karangan Bunga
Euphorbia, Sukulen Mirip Karangan Bunga

8. Euphorbia, Sukulen Mirip Karangan Bunga

Jenis sukulen ini memiliki warna kuning yang sangat terang, sehingga akan sangat indah dan cocok anda tanam didepan rumah anda. Bentuk yang menyerupai dengan bucket bunga yang indah membuatnya sangat populer dikalangan pencinta sukulen. Dipadukan dengan daun berwarna hijau membuatnya sangat menentramkan.

Graptopetalum, Sukulen Cantik Mirip Echeveria
Graptopetalum, Sukulen Cantik Mirip Echeveria

9. Graptopetalum, Sukulen Cantik Mirip Echeveria

Bentuknya identik dengan jenis sukulen echeveria, dengan kelopak yang banyak dan hampir mirip dengan bunga mawar, namun bedanya adalah ia memiliki warna gradiasi kuning sedikit oranye pada bagian tunas bawah.

Haworthia, Sukulen Berduri yang Eksotis
Haworthia, Sukulen Berduri yang Eksotis

10. Haworthia, Sukulen Berduri yang Eksotis

Walaupun memiliki duri yang banyak, hampir setiap sisi daun dan tunasnya dipenuhi dengan duri, namun justru hal tersebutlah yang menambah sisi eksotisnya. Walaupun begitu, jenis sukulen ini tidak disarankan untuk anda yang memiliki anak kecil, karena selain berbahaya, sukulen ini akan mudah mati ketika terjadi benturan yang keras. Daun ini didominasi dengan warna hijau dengan gradasi putih dari durinya sehingga akan menambah kesan eksotis yang tinggi

Kalanchoe, Sukulen dengan Warna Gradasi yang Indah
Kalanchoe, Sukulen dengan Warna Gradasi yang Indah

11. Kalanchoe, Sukulen dengan Warna Gradasi yang Indah

Dapat tumbuh tinggi dengan warna merah diarea pinggir daun, membuatnya sangat cocok anda tanam sebagai pagar rumah khususnya diarea pinggir pada taman atau kolam. Memiliki kelopak yang banyak, biasanya kelopak tua akan jatuh dengan sendirinya yang kemudian tergantikan oleh kelopak baru dengan posisi diatas, sehingga akan tumbuh lebih tinggi lagi.

Sedum, Cocok Buat Anda Pencinta Anggrek
Sedum, Cocok Buat Anda Pencinta Anggrek

12. Sedum, Cocok Buat Anda Pencinta Anggrek

Sekilas bunga yang berwarna ungu tersebut mirip dengan bunga anggrek. Bedanya ia hanya tumbuh ditanah dan bukan menggantung pada pohon lain. Bunganya yang indah membuatnya dapat memikat semua orang untuk segera menanamnya dipelataran rumah. Beberapa jenis Sedum memiliki bentuk yang besar sehingga dapat anda gunakan sebagai semak-semak yang cantik.

Senecio, Sukulen Biru yang Liar
Senecio, Sukulen Biru yang Liar

13. Senecio, Sukulen Biru yang Liar

Walaupun begitu, jenis sukulen ini memiliki warna biru yang sangat indah. Spesies Fishhook yang indah ini mudah tumbuh, membutuhkan sedikit air, dan dapat dijadikan sebagai tanaman gantung yang menarik, terutama di daerah beriklim kering.

Itulah beberapa Jenis Sukulen Cantik dengan Perawatan yang Mudah yang bisa Anda Tanam di Rumah. Silahkan share postingan ini melalui Facebook, Twitter, dan beberapa media sosial anda, agar orang lain juga tau dengan informasi unik ini.

Disclaimer : Beberapa image saya ambil melalui situs gettyimages, silahkan hubungi saya melalui email jika anda pemilik gambar ini atlastoofficial@gmail.com, thanks